Analisis Pemanfaatan Modal Sosial dalam Mengahadapi Perubahan Iklim (Masyarakat Suku Bajo Desa Bajo Pulau Kecamatan Sape Kabupaten Bima)

Syarifuddin, Syarifuddin and Rosyadi, Muhammad Arwan and Syuhada, Khalifatul (2022) Analisis Pemanfaatan Modal Sosial dalam Mengahadapi Perubahan Iklim (Masyarakat Suku Bajo Desa Bajo Pulau Kecamatan Sape Kabupaten Bima). Prosiding Seminar Nasional Sosiologi, 3. pp. 182-192. ISSN 2775-9121

[img]
Preview
Text
Analisis Pemanfaatan Modal Sosial dalam Mengahadapi Perubahan Iklim.pdf

Download (304kB) | Preview
Official URL: http://sensosio.unram.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Bajo Pulau Kecamatan Sape Kabupaten Bima, adapun tujuan penelitian yaitu: 1) Mengidentifikasi modal sosial masyarakat suku Bajo; 2) menganalisis peran modal sosial dalam menghadapi perubahan iklim. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis modal sosial yaitu dengan menggunakan teori Pierre Bourdieu; modal sosial, modal ekonomi, modal budaya dan modal simbolik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, focus group discussion (FGD) dan wawancara mendalam dengan; tokoh masyarakat, pemuda, nelayan serta dokumentasi; didapatkan dari pemerintah desa. Hasil penelitian 1) Modal sosial yang terdapat pada lokasi penelitian yaitu masyarakat Pulau Bajo berdasarkan hubungan kekerabatan dan kekeluargaan dan juga terdapat kelembagaan tradisional yang masih dipegang oleh masyarakat suku Bajo yaitu mbolo weki (perkumpulan); memberikan sumbangan pada acara perkawinan, sunatan dan kematian. selain itu terdapat modal sosial untuk menopang ekonomi yaitu kelompok nelayan, kelompok arisan, kelompok PKH. 2) Pememenuhan kebutuhan masyarakat Pulau Bajo bergantung pada hasil laut. Oleh karena itu masyarakat menggunakan modal sosial dalam menopang kebutuhan jangka pendek (kebutuhan sehari-hari), hanya sebagian yang mengarah pada kebutuhan jangka menengah seperti investasi emas dan membantu kecelakaan di laut. Sebagian masyarakat menggunakan modal sosial untuk keperluan jangka panjang yaitu dipergunakan untuk membiayai pendidikan anak.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Suku Bajo, Modal Sosial, Perubahan Iklim, Sape, Bima
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Seminar Nasional Sosiologi
Date Deposited: 12 Dec 2022 00:44
Last Modified: 12 Dec 2022 00:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33707

Actions (login required)

View Item View Item