Mesra, Romi (2022) Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNIMA tentang Implementasi Materi Mata Kuliah dalam Kehidupan Sosial. Prosiding Seminar Nasional Sosiologi, 3. pp. 244-254. ISSN 2775-9121
|
Text
Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNIMA tentang Implementasi Materi Mata Kuliah dalam Kehidupan Sosial.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Sebuah ilmu yang dipelajari tentu harusnya bermanfaat untuk yang mempelajari, dalam hal ini apakah mahasiswa sudah mendapatkan manfaat dari mempelajari ilmu tersebut selama perkuliahan misalnya untuk mengatasi masalah sosial yang dihadapi oleh mahasiswa, dan lain sebagainya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, konseptualisasi, kategorisasi, dan deskripsi dikembangkan atas dasar “kejadian” yang diperoleh—kegiatan lapangan berlangsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan observasi. Wawancara tidak terstruktur, bersifat bebas dimana peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah disusun secara sistematis dan lengkap untuk pengumpulan data.. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Hubermen, meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi.. Hasil penelitian ini yaitu: membantu menyelesaikan masalah sosial mahasiswa, menjadi pedoman mahasiswa dalam memahami kehidupan sosial, mahasiswa memahami berbagai gejala sosial, membantu mahasiswa dalam berinteraksi sosial, dan memiliki skill untuk mendapatkan pekerjaan sambil kuliah
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Persepsi Mahasiswa, Implementasi Materi Mata Kuliah, Kehidupan Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Seminar Nasional Sosiologi |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 00:44 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 00:44 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33712 |
Actions (login required)
View Item |