DAMPAK KERJASAMA EKONOMI KOREA SELATAN DALAM PENINGKATAN STATUS STRATEGIC PARTNERSHIP MENJADI SPECIAL STRATEGIC PARTNERSHIP DENGAN INDONESIA

AHMAD NATSIR, ARIFFIKRI (2022) DAMPAK KERJASAMA EKONOMI KOREA SELATAN DALAM PENINGKATAN STATUS STRATEGIC PARTNERSHIP MENJADI SPECIAL STRATEGIC PARTNERSHIP DENGAN INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat dampak dari perubahan ekonomi Korea Selatan serta manfaat bagi Indonesia setelah adanya peningkatan Strategic Partnership Menjadi Special Strategic Partnership (SSP). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif serta konsep Kepentingan Nasional dan Hubungan Bilateral untuk menjawab rumusan permasalahan karena memiliki relevansi dalam kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan. Perbedaan kerjasama sebelum adanya peningkatan dan sesudahnya terlihat dari beberapa faktor seperti peningkatan diversifikasi ekonomi di berbagai sektor, serta mekanisme two plus two yang tidak digunakan sebelumnya. Sehingga melahirkan beberapa kebijakan pokok dari kunjungan presiden Moon Jae Inn ke istana Bogor pada September 2017. Terdapat beberapa kepentingan yang menjadi fokus utama dari peningkatan SSP tersebut seperti melanjutkan perundingan IK-CEPA yang sempat dibekukan, pemenuhan kebutuhan bagi Korea Selatan serta peningkatan akses pasar bagi Indonesia pada sektor Palm Oil, produk buah, sektor perikanan, peningkatan Investasi dan rencana Korea Selatan dalam keikutsertaannya dalam pembangunan IKN. Penelitian ini juga menemukan fakta bahwa kebijakan SSP ini adalah implementasi dari kebijakan luar negeri Korea Selatan New Southern Policy yang di mana negara Asia Tenggara dan India akan dijadikan mitra ekonomi bagi Korea Selatan karena adanya ketidak pastian dari perang dagang antara AS dan Tiongkok.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Special Strategic Partnership, New Southern Policy, Hubungan Bilateral, Perdagangan, Investasi.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:33
Last Modified: 14 Dec 2022 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33731

Actions (login required)

View Item View Item