ANALISIS HAMBATAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD MUHAMMADIYAH PANCOR, LOMBOK TIMUR

NANANG, RIADI (2022) ANALISIS HAMBATAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD MUHAMMADIYAH PANCOR, LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NANANG RIADI (E1E018097).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran matematika secara daring pada masa Covid-19 di SD Muhammadiyah Pancor, Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model dari Miles dan Hubeman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah dua orang guru dan satu peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai hambatan atau kendala yang dialami guru pada saat melakukan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran matematika secara daring. Hambatan yang dialami guru yaitu: (1) Platform pembelajaran yang digunakan guru dalam membelajarkan matematika secara daring terbatas, hanya menggunakan WhatsApp saja karena guru tidak bisa mengaplikasikan platform pembelajaran lain; (2) guru kesulitan mengontrol peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung karena tidak semua peserta didik dapat mengikuti pembelajaran akibat tidak memiliki HP; (3) video pembelajaran yang tidak bisa diakses oleh semua peserta didik karena sebagian tidak memiliki HP; (4) materi pelajaran yang sulit dipahami peserta didik karena tidak dapat dijelaskan secara langsung oleh guru; (5) metode pembelajaran yang dapat digunakan hanya terbatas karena disesuaikan dengan platform pembelajaran yang digunakan sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang menarik; (6) guru kebingungan memberikan penilaian karena banyak peserta didik yang tidak mengumpulkan tugas; (7) guru tidak mengetahui keaslian dari tugas yang dikumpulkan peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Daring, Pembelajaran Matematika, Hambatan, Covid- 19.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:34
Last Modified: 14 Dec 2022 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33732

Actions (login required)

View Item View Item