ANALISIS DAMPAK PERILAKU VERBAL BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SDN 20 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

HESTI, MAULIDA (2022) ANALISIS DAMPAK PERILAKU VERBAL BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SDN 20 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HESTI MAULIDA_ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus perilaku negatif berupa kekerasan verbal yang masuk dalam kategori bully. Hal tersebut sering terjadi diantara siswa-siswi di SDN 20 Ampenan sehingga mempengaruhi rasa kepercayaan diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak perilaku verbal bullying terhadap kepercayaan diri siswa di SDN 20 Ampenan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI yang mengalami gejala seperti pendiam, pemalu, agresif dan emosional. Jumlah subjek penelitian adalah 3 siswa dari masing-masing kelas yaitu 1 siswa kelas IV, 1 siswa kelas V, dan 1 siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data, teori dan metode. Hasil penelitian ditemukan bahwa kasus verbal bullying yang terjadi di SDN 20 Ampenan menimbulkan dampak yang berbeda terhadap setiap siswa, ada siswa yang mengalami dampak positif dan ada pula siswa yang mengalami dampak negatif. Dampak yang diterima FA dari kelas IV berupa dampak negatif yaitu prestasi menurun dan rasa kepercayaan diri tergolong masih sangat rendah, seperti sering tidak masuk sekolah karena merasa malu dan minder akan kemampuan yang dimiliki dari teman-teman yang lain, mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran, dan jarang berbaur dengan teman di sekolah. Sementara dampak yang diterima LN dari kelas V berupa dampak negatif yaitu jarang berbaur dengan teman di sekolah, tidak bisa mengontrol emosi dan berperilaku sangat agresif, akan tetapi LN memiliki kemauan dalam belajar sehingga tingkat kepercayaan dirinya cukup baik, seperti ketika diberikan tugas oleh guru LN selalu berusaha mengerjakan dengan baik. Sedangkan dampak yang diterima AZA dari kelas VI berupa dampak positif yaitu memiliki kemauan dalam belajar dan memiliki rasa kepercayaan diri yang baik seperti kemampuan membaca sudah cukup baik, dan selalu berusaha berbaur dengan teman di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Verbal Bullying, Kepercayaan Diri, Siswa SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:06
Last Modified: 15 Dec 2022 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33771

Actions (login required)

View Item View Item