ANALISIS KUALITATIF PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU SIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS MATARAM TERKAIT PENOLAKAN VAKSIN COVID-19, KEWAJIBAN VAKSINASI, DAN BARIER BUDAYA

Shafira Dyah, Setyawati (2022) ANALISIS KUALITATIF PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU SIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS MATARAM TERKAIT PENOLAKAN VAKSIN COVID-19, KEWAJIBAN VAKSINASI, DAN BARIER BUDAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi KTI_Shafira Dyah_H1A019100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)

Abstract

Latar Belakang: Kasus COVID-19 di Indonesia menyebar dengan cepat sehingga pemerintah melakukan pelaksanaan program vaksinasi COVID-19. Program tersebut menimbulkan perbedaan persepsi publik terhadap vaksinasi COVID-19 yaitu meliputi polemik terhadap agama dan keyakinan, polemik vaksinasi sebagai sebuah hak atau kewajiban, serta penolakan terhadap vaksin. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berfokus pada pengetahuan, sikap, dan perilaku pada tiga tema yaitu kewajiban dan kesukarelaan untuk vaksinasi, hak untuk menolak vaksinasi, serta barier sosial, agama, dan budaya dalam penerimaan vaksinasi. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling menggunakan teknik FGD pada sivitas akademika Universitas Mataram yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: Sebanyak 11 dosen dan mahasiswa yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi berpartisipasi dalam FGD. Terdapat 11 subtema yang dirangkum dari sesi diskusi. Pengetahuan partisipan dinilai baik dan diwakili oleh pengetahuan terhadap kebijakan vaksinasi COVID-19, manfaat kebijakan vaksin, dan sumber informasi mengenai vaksin COVID-19. Sikap partisipan terhadap vaksin COVID-19 mayoritas positif dan memandang penolakan vaksinasi serta vaksinasi sebagai hak atau kewajiban sebagai hal yang kondisional. Barier sosial dinilai sebagai barier terbesar vaksinasi COVID-19. Perilaku partisipan mengenai kesediaan vaksin bervariasi dan partisipan bersedia membantu meningkatkan vaksinasi di masyarakat. Kesimpulan: Partisipan FGD memiliki pengetahuan terhadap kebijakan vaksinasi COVID-19. Sikap partisipan FGD menunjukkan adanya variasi terhadap penerimaan vaksin COVID-19, vaksin sebagai kewajiban atau kesukarelaan, penolakan vaksinasi, dan barier vaksinasi COVID- 19. Perilaku partisipan bervariasi dalam kesediaan untuk vaksin, dan beberapa partisipan bersedia berpartisipasi dalam meningkatkan vaksin di masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengetahuan, sikap, perilaku, barrier, vaksin COVID-19
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:06
Last Modified: 15 Dec 2022 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33772

Actions (login required)

View Item View Item