PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

PU S P I T A, MA R L I N A E K A P (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Marlina Eka Puspita (E1A012025).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Biologi pada peserta didik kelas X SMAN 2 Gerung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu komparasi bersifat kausal komparatif dengan desain pretest and posttest group desigen. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMAN 2 Gerung yang terdiri dari 2 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas yang belajar dengan model PBL dan kelas X MIA 2 sebagai kelas yang belajar dengan model Inkuiri Terbimbing. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan berpikir krits berupa test essay. Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (2.977>2.026), sehingga menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan PBL dan Inkuiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inkuiri terbimbing, Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:13
Last Modified: 30 Apr 2018 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3379

Actions (login required)

View Item View Item