HUBUNGAN ANTARA FAKTOR RISIKO COVID-19 DENGAN KEJADIAN LONG COVID DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Amira Yumna, Utami (2022) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR RISIKO COVID-19 DENGAN KEJADIAN LONG COVID DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi_Amira Yumna Utami_H1A019003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)

Abstract

Latar Belakang: Long COVID merupakan sebutan untuk menggambarkan berbagai gejala yang dapat terjadi berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dari tertular infeksi SARS-CoV-2. Gejala yang dirasakan oleh penderita Long COVID beragam. Studi di berbagai negara lain menunjukan adanya berbagai faktor risiko dan gejala yang dapat mempengaruhi risiko kematian pada penderita COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor risiko pasien COVID- 19 degan kejadian Long COVID di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode: Desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang diperoleh dari rekam medis dan wawancara pasien COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB. Besar sampel penelitian ini berjumlah 60 dengan analisis uji chi-square dan koefisien kontingensi. Hasil: Responden pada penelitian ini didominasi jenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 32 responden (53,3%), usia rerata responden yaitu 50,5 tahun, responden yang memiliki Long COVID sebanyak 14 responden (23,3%), merokok sebanyak 13 responden (21,7%), memiliki komorbid sebanyak 36 reponden (60%) dan memiliki faktor risiko secara keseluruhan sebanyak 39 responden (65%). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara faktor risiko pasien COVID-19 dengan kejadian Long COVID di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): COVID-19, Long COVID, usia, komorbid, jenis kelamin
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Dec 2022 00:31
Last Modified: 16 Dec 2022 00:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33834

Actions (login required)

View Item View Item