PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 1 DASAN BARU

LILIK, APRIANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 1 DASAN BARU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Lilik Apriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe picture and picture merupakan model pembelajaran yang menekankan pada situasi siswa belajar yang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SD Negeri 1 Dasan Baru. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Quasi Exsperiment Design tipe Noniquivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang merupakan kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, sedangkan kelas IV B merupakan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas mengajar guru, tes berupa essay dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-wilk, uji homogenitas levense, uji hipotesis independent sample t-test, dan uji effect size cohen’s. Sedangkan untuk teknik penyajian data histogram dan tabel. Berdasarkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan pada tahap pre-test diperoleh nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 53,5 dan kelompok kontrol sebesar 60,1, untuk nilai post-test diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 81,8 dan kelompok kontrol sebesar 69,9. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t-hitung 7,513 dan t- tabel 1,672 pada taraf signifikansi 0,05 atau 5%, sehingga dapat diketahui t-hitung > t-tabel. Sesuai dengan kriteria pengujian menujukkan bahwa Hₐ dinyatakan di terima dan Hₒ dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SD Negeri 1 Dasan Baru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kooperatif tipe picture and picture, hasil belajar, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Dec 2022 00:31
Last Modified: 16 Dec 2022 00:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33835

Actions (login required)

View Item View Item