PERANAN PENYULUH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEREMPUAN PENGOLAH HASIL PERTANIAN BERBASIS BUAH DAN SAYUR UNTUK MENDUKUNG DIVERSIFIKASI PANGAN DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Shelita Choirul, Rahma (2022) PERANAN PENYULUH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEREMPUAN PENGOLAH HASIL PERTANIAN BERBASIS BUAH DAN SAYUR UNTUK MENDUKUNG DIVERSIFIKASI PANGAN DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Shelita Choirul Rahma (C1G016216) Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Shelita Choirul Rahma (C1G016216).pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan diri dan kemampuan usaha yang dimiliki perempuan pengolah hasil pertanian berbasis buah dan sayur untuk mendukung diversifikasi pangan di Kabupaten Lombok Barat, (2) Mengetahui peran penyuluh dalam meningkatkan kemampuan perempuan pengolah hasil pertanian berbasis buah dan sayur di Kabupaten Lombok Barat, dan (3) Mengetahui hubungan antara penyuluh dengan kemampuan perempuan pengolah hasil pertanian berbasis buah dan sayur. Penelitian dilakukan di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Lembar, Kediri, dan Narmada. Jumlah responden yaitu 45 orang perempuan pengolah hasil pertanian berbasis buah dan sayur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang diukur menggunakan metode Skala Likert dan analisis dengn SPSS untuk melihat hubungan peranan penyuluh dengan kemampuan perempuan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Perempuan pengolah hasil pertanian berbasis buah dan sayur memiliki kemampuan diri sedang dalam melakukan perencanaan usaha, mengidentifikasi dan pemecahan masalah, pemanfaatan peluang serta menjaga keberlanjutan usaha masuk ke dalam kategori sedang. Sementara itu, kemampuan usaha yaitu penggunaan teknologi, modal usaha, akses pasar, dan tenaga kerja masuk ke dalam kategori kemampuan sedang. Peran penyuluh sebagai komunikator, motivator, fasilitator dan katalisator masuk kategori cukup berperan. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa nilai signifikan (2- tailed) adalah 0,014 <0,05 yang artinya terdapat hubungan antara peran penyuluh dengan kemampuan perempuan pengolah hasil pertanian berbasis buah dan sayur. Selanjutnya diketahui bahwa nilai Correlation Coefficient (koefisien korelasi) sebesar 0,237 artinya terdapat hubungan yang rendah antara peran penyuluh dengan kemampuan perempuan pengolah hasil pertanian berbasis buah dan sayur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan, Peranan Penyuluh, dan Hubungannya.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:15
Last Modified: 16 Dec 2022 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33844

Actions (login required)

View Item View Item