OPTIMASI PELARUT EKSTRAKSI SENYAWA FENOLIK DARI DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) MENGGUNAKAN METODE SIMPLEX LATTICE DESIGN

KHARIS, FARABI (2022) OPTIMASI PELARUT EKSTRAKSI SENYAWA FENOLIK DARI DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) MENGGUNAKAN METODE SIMPLEX LATTICE DESIGN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Kharis farabi 141122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kelor (Moringa oleifera L.) merupakan bahan alam yang kaya akan antioksidan salah satunya senyawa fenolik. Pengembangan daun kelor sebagai sumber antioksidan membutuhkan pelarut yang tepat untuk memaksimalkan kadar senyawa fenolik yang diperoleh dari daun kelor sehingga perlu dilakukan optimasi pelarut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan komposisi pelarut etanol 96% dan aquades yang optimum untuk ekstraksi senyawa fenolik dari daun kelor menggunakan metode Simplex Lattice Design (SLD) dan menentukan kadar fenolik total dari daun kelor berdasarkan komposisi pelarut optimum. Metode penelitian meliputi proses ekstraksi sonikasi dengan 5 variasi komposisi pelarut etanol 96% : aquades (100:0 (P1); 75:25; 50:50; 25:75; dan 0:100) kemudian optimasi komposisi pelarut menggunakan metode SLD dengan respon berupa kadar fenolik total. Kadar senyawa fenolik total ditentukan menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Persamaan SLD yang diperoleh diuji validasi dengan uji F. Pelarut optimum hasil optimasi adalah kelompok P1 (etanol 96% 100 bagian dan aquades 0 bagian). Kadar fenolik total pada ekstraksi dengan pelarut optimum sebesar 3783,583 mg GAE/g ekstrak. Semakin besar proporsi etanol 96% pada pelarut ekstraksi menunjukkan semakin besar pula kadar fenolik total ekstrak daun kelor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Daun kelor; Fenolik; Optimasi pelarut; Simplex Lattice Design
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:16
Last Modified: 16 Dec 2022 07:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33846

Actions (login required)

View Item View Item