PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 LINGSAR LOMBOK BARAT

HAYUNI, HAYUNI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 LINGSAR LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lingsar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group desaign. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lingsar yang berjumlah 142 orang yang tersebar pada 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII B sebagai kelas ekperimen dan VIII F sebagai kelas control. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Data penelitian berupa hasil hasil belajar PKn yang dikumpulkan metode tes, selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 4.00 dan ttabel = 1.684untuk dk = 40 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, thitung > ttabel (4.00 > 1.684) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe IOC terhadap hasil belajar PKn kelas VIII SMP Negeri 4 Lingsar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe IOC berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lingsar Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): inside-outside circle, hasil belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 02 May 2018 02:45
Last Modified: 02 May 2018 02:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3385

Actions (login required)

View Item View Item