E-WOM (Electronic Word Of Mouth) ; Dimensi dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Gili Matra di Kabupaten Lombok Utara (KLU)

Himawan, Sutanto (2018) E-WOM (Electronic Word Of Mouth) ; Dimensi dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Gili Matra di Kabupaten Lombok Utara (KLU). E-WOM (Electronic Word Of Mouth) ; Dimensi dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Gili Matra di Kabupaten Lombok Utara (KLU), 4 (2). pp. 69-89. ISSN pISSN : 1412-7601 eISSN : 2654-8712

[img]
Preview
Text
EKONOBIS Vol 4 No 2 September 2018.pdf

Download (337kB) | Preview
Official URL: https://ekonobis.unram.ac.id/index.php/ekonobis/ar...

Abstract

Penelitian ini berjudul “E‐Wom (Electronic Word Of Mouth): Dimensi dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Gili Matra di Kabupaten Lombok Utara (KLU)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dimensi Electronic Word of Mouth (EWOM) yang terdiri dari Concern for Others, Expressing Positive Feeling, Economic Incentives, Helping the Company, Platform Assistance mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Gili Matra di media sosial Facebook, Instagram dan media online lainnya. Tujuan penelitian ini adalahmengetahui pengaruh dimensi Electronic Word of Mouth (EWOM) yang terdiri dari Concern for Others, Expressing Positive Feeling, Economic Incentives, Helping the Company, Platform Assistance pada Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Gili Matra di media sosial Facebook, Instagram dan media online lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang berasal dari responden dan data sekunder yaitu data yang berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Utara. Variabel penelitian yang digunakan adalah 1. Variabel Electronic Word Of Mouth (X). Dalam penelitian ini variabel bebas yang ditetapkan adalah Electronic Word Of Mouth (e‐WOM) yang terdiri dari lima dimensi yaitu: Concern for others, Expressing positive feelings, Economic Insentive, Helping the Company, Platform assistance.2. Variabel Keputusan Berkunjung Wisatawan (Y). Dalam penelitian ini variabel terikat yang ditetapkan adalah keputusan berkunjung wisatawan yang meliputi informasi dan rekomendasi yang diterima wisatawan melalui akun media sosial Facebook, Instagram dan media online lainnya yang terkait dengan 3 Gili Matra. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Dimensi E‐WOM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Gili Matra, Kabupaten Lombok Utara (KLU)

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): EWoM, Keputusan Berkunjung Wisatawan, Analisis Regresi Berganda, Gili Matra Kabupaten Lombok Utara (KLU)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Drs Himawan Sutanto MM
Date Deposited: 18 Dec 2022 08:08
Last Modified: 18 Dec 2022 08:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33853

Actions (login required)

View Item View Item