Analisis Peran Sektor Pariwisata Dalam Pembangunan Daerah Di Kabupaten Lombok Barat (Pendekatan Location Quotient dan Klassen Typology Analysis)

Himawan, Sutanto (2019) Analisis Peran Sektor Pariwisata Dalam Pembangunan Daerah Di Kabupaten Lombok Barat (Pendekatan Location Quotient dan Klassen Typology Analysis). Analisis Peran Sektor Pariwisata Dalam Pembangunan Daerah Di Kabupaten Lombok Barat (Pendekatan Location Quotient dan Klassen Typology Analysis), 1 (2). pp. 106-114. ISSN ISSN : 2655-6944

[img]
Preview
Text
Elastisitas Vol 1 No 2 (2019).pdf

Download (780kB) | Preview
Official URL: http://www.elastisitas.unram.ac.id/index.php/elast...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar potensi sektor pariwisata menjadi sektor unggulan dan bagaimana daya saing sektor pariwisata terhadap ektor�sektor unggulan lainnya di kabupaten Lombok Barat. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari Badan Pusat Statistik kabupaten Lombok Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan alat analisis Location Quotient (LQ) dan Tipologi Klassen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pariwisata (penyediaan akomodasi dan makan minum) mempunyai nilai LQ>1 yang artinya bahwa sektor pariwisata relatif terspesialisasi secara berlebihan pada aktivitas ekonomi di kabupaten lombok Barat sedangkan hasil dari analisis tipologi klassen hasilnya menunjukkan sektor pariwisata di kabupaten Lombok Barat mempunyai tingkat daya saing yang tinggi dengan hasil analisis bahwa sektor pariwisata berada di kuadran I yang artinya sektor pariwisata adalah sektor maju dan tumbuh cepat.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Sektor pariwisata, PDRB, LQ, Tipologi Klassen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Drs Himawan Sutanto MM
Date Deposited: 18 Dec 2022 08:08
Last Modified: 18 Dec 2022 08:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33854

Actions (login required)

View Item View Item