PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP JUJUR SISWA KELAS IXA SMP NEGERI 18 MATARAM MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN METODE VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE TIPE REPORTASE PADA PEMBELAJARAN PKn

FIRDAUSIA, KHAIRUNNISA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP JUJUR SISWA KELAS IXA SMP NEGERI 18 MATARAM MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN METODE VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE TIPE REPORTASE PADA PEMBELAJARAN PKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kualitas hasil belajar kognitif dan sikap jujur siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas IXA yang berjumlah 23 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaannya dilakukan dalam dua siklus, dalam satu siklus terdiri dari 2 pertemuan 4 tahapan. Data pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dan tes tertulis diberikan pada setiap akhir siklus untuk mengetahui hasil belajar kognitif. Sedangkan metode wawancara dilakukan untuk mengungkap “kemengapaan” siswa yang memperoleh nilai tertinggi dan terendah berdasarkan hasil tes belajar kognitif serta siswa yang tidak mampu bersikap jujur. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS dan VCT tipe reportase sebagai variabel tindakan, pada siklus I indikator kinerja variabel tindakan tercapai 79,54%, siklus II 100%. Jumlah ini telah melampui kriteria indikator kinerja variabel tindakan yang ditetapkan sebesar 85%. Data kemampuan sikap jujur siswa diperoleh melalui implementasi variabel tindakan. Pada siklus I siswa yang mampu bersikap jujur sebanyak 65,22%, siklus II 100%. Jumlah ini telah melampui kriteria ketuntasan indikator kinerja sikap jujur yang ditetapkan sebesar 85%. Data hasil belajar kognitif siswa sebagai variabel harapan pada siklus I menunjukkan terdapat 16 orang (72,73%) dari 22 orang siswa yang memperoleh nilai ≥85%. Telah terjadi peningkatan pada siklus II terdapat 19 orang (86,36%) dari 22 orang siswa memperoleh nilai ≥85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Value Clarification Tehnique tipe reportase dapat meningkatkan hasil belajar kognitif PKn dan sikap jujur siswa kelas IXA SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar Kognitif, Sikap Jujur, Metode Kooperatif tipe Think Pair Share dan metode pembelajaran Value Clarification Tehnique tipe reportase
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 02 May 2018 02:44
Last Modified: 02 May 2018 02:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item