PENGARUH STRATEGI GALLERY OF LEARNING (GOL) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 38 MATARAM 2021-2022

MUHAMMAD, RAMADHAN (2022) PENGARUH STRATEGI GALLERY OF LEARNING (GOL) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 38 MATARAM 2021-2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RAMADHAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Strategi gallery of learning adalah model belajar secara berkelompok yang menjamin setiap siswa diberi kesempatan untuk berkontribusi serta mendengarkan pendapat. Penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh strategi gallery of learning terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SDN 38 Mataram. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasy Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV A sebagai kelompok kontrol sejumlah 20 siswa dan kelas IV B sebagai kelompok eksperimen sejumlah 19 siswa yang ditentukan dengan sistem undian. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis dengan rumus Paired sample t-test dan uji effect size. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 5 % bahwa nilai Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 dan nilai thitung 13,816 > ttabel 1,697 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini diperkuat juga dengan perolehan hasil perhitungan menggunakan uji effect size dengan nilai yang dihasilkan 2,1365 menunjukan pengaruh dalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi gallery of learning terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 38 Mataram. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi gallery of learning dapat diterapkan di siswa SDN kelas IV untuk keterampilan berbicara siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi gallery of learning , Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:52
Last Modified: 19 Dec 2022 03:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33876

Actions (login required)

View Item View Item