PENGARUH AKTIVITAS FISIK TERHADAP STATUS GIZI PADA MAHASISWA TAHUN KEDUA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM SELAMA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING)

Tomy Dwi, Refandy (2022) PENGARUH AKTIVITAS FISIK TERHADAP STATUS GIZI PADA MAHASISWA TAHUN KEDUA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM SELAMA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Tomy Dwi Refandy (H1A019106) + SCAN TTD(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan pola hidup dalam masyarakat. Pembelajaran dalam jaringan (Daring) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran COVID-19. Selama menjalani pembelajaran daring, mahasiswa lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain smartphone atau laptop yang dapat mengakibatkan mahasiswa mengalami kekurangan gerak. Aktivitas fisik yang ringan dapat meningkatkan risiko berat badan berlebih. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas fisik terhadap status gizi pada mahasiswa tahun Fakultas Kedokteran Universitas Mataram selama pembelajaran daring. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Metode pengambilan sampel adalah dengan teknik proportional random sampling. Cara pengambilan data yaitu dengan pengukuran secara langsung tinggi badan menggunakan microtoise, berat badan menggunakan timbangan serta aktivitas fisik dihitung berdasarkan pengisian kuesioner International Physical Activity Questionnaire (IPAQ) melalui google form. Status gizi responden dinilai berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan menggunakan rumus IMT. Pengujian data dilakukan menggunakan uji statistik spearman. Hasil: Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 70 orang yang terdiri dari mahasiswa tahun kedua Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Responden didominasi oleh perempuan sebanyak 56 orang (80%) dan usia 20 tahun sebanyak 35 orang (50%). Sebanyak 36 orang (51,4%) responden memiliki aktivitas fisik sedang dan sebanyak 45 orang (64,3%) responden memiliki status gizi normal. Selain itu, pada penelitian ini ditemukan sebanyak 65 orang (92,9%) mengalami perubahan aktivitas fisik, 43 orang (61,4%) mengalami perubahan pola makanan pokok, dan 60 orang (85,7%) mengalami perubahan pola makan. Hasil analisis data dari uji Spearman dengan α < 0,05 didapatkan nilai r sebesar -0,046 dan nilai p sebesar 0,705. Kesimpulan: Dengan hasil tersebut, disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi pada mahasiswa tahun kedua Fakultas Kedokteran Universitas Mataram selama pembelajaran daring. Ditemukan juga hasil kedua variabel memiliki kekuatan korelasi yang sangat lemah dan hubungan kedua variabel tidak searah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Fisik, Status Gizi, COVID-19, Daring
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Dec 2022 23:38
Last Modified: 19 Dec 2022 23:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33900

Actions (login required)

View Item View Item