IDENTIFIKASI COVID-19 PADA CAIRAN TELINGA PASIEN OTITIS MEDIA AKUT STADIUM PERFORASI DAN OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK SAAT PANDEMI COVID-19

Lalu Hizrian Rizkika, Abtartu (2022) IDENTIFIKASI COVID-19 PADA CAIRAN TELINGA PASIEN OTITIS MEDIA AKUT STADIUM PERFORASI DAN OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK SAAT PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Otitis Media Akut (OMA) dan Otitis Media Supuratif Kronik (OMSK) merupakan radang telinga bagian tengah yang sering dijumpai pada praktik THT-KL. Penyakit ini ditandai dengan keluarnya cairan telinga (otore) yang salah satu penyebabnya adalah virus dari nasofaring akibat disfungsi tuba eustachius. COVID-19 yang dideteksi di nasofaring kemungkinan bisa masuk ke telinga tengah dan bercampur dengan cairan telinga (otore) akibat adanya OMA dan OMSK. Tujuan : Untuk mengetahui apakah virus COVID-19 terdapat pada cairan telinga pasien OMA stadium Perforasi dan OMSK. Metode: desain penelitian ini adalah non-eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 47 sampel cairan telinga pasien OMA serta OMSK diambil menggunakan flocked swab di Rumah Sakit Universitas Mataram dan Klinik Medismart untuk dideteksi menggunakan Antigen rapid diagnostic test. Hasil: Selama penelitian didapatkan 47 pasien yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang terdiri dari 28 orang laki-laki dan 19 orang perempuan dengan rentang usia 1.8-70 tahun dan rerata usia 30.9 tahun. Berdasarkan hasil tes rapid antigen, antigen virus COVID-19 tidak ditemukan dalam seluruh sampel namun terdapat beberapa kelemahan dari penelitian ini yang menyebabkan hasil tersebut. Kesimpulan: Penelitian tentang virus COVID-19 di cairan telinga tengah masih sangat terbatas, namun demikian Antigen virus COVID-19 pada cairan telinga pada penelitian ini tidak dapat diidentifikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Otitis Media Akut Stadium Perforasi, Otitis Media Supuratif Kronik, dan COVID-19
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Dec 2022 23:38
Last Modified: 19 Dec 2022 23:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33901

Actions (login required)

View Item View Item