HUBUNGAN ANTARA PERBEDAAN BEBAN TRAUMA DENGAN GAMBARAN HISTOPATOLOGI INFLAMASI OTAK TIKUS PASCA MENGALAMI CEDERA OTAK TRAUMATIK

Muzakki Hasnan, Ali (2022) HUBUNGAN ANTARA PERBEDAAN BEBAN TRAUMA DENGAN GAMBARAN HISTOPATOLOGI INFLAMASI OTAK TIKUS PASCA MENGALAMI CEDERA OTAK TRAUMATIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Muzakki Hasnan Ali.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Cedera otak adalah suatu kerusakan pada otak, bukan bersifat kongenital ataupun degeneratif, tetapi disebabkan oleh serangan atau benturan fisik dari luar. Cedera otak traumatik atau traumatik brain injury (TBI) merupakan cedera yang terjadi ketika kekuatan yang ditransmisikan ke kepala atau tubuh menyebabkan kerusakan dan disfungsi neuropatologis. TBI merupakan salah satu cedera kepala yang paling sering terjadi di seluruh dunia. Gangguan ini terjadi pada2% dari seluruh populasi di dunia setiap tahunnya dan menjadi penyebab utama kematian serta kecacatan yang berat pada anak-anak dan orang dewasa muda. Ditabrak atau menabrak suatu benda, tabrakan kendaraan bermotor sampai terjatuh,dan melukai diri sendiri dengan sengaja adalah penyebab paling umum dari TBI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hispatologi inflamasi pada otak tikus pasca mengalami cedera otak traumatik dan menganalisa hubungan antara perbedaan beban trauma dengan gambaran histopatologi inflamasi otak tikuspasca mengalami cedera otak traumatik. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian experimental study yang dilakukan dengan cara memberikan perlakuan pada objek yang diteliti kemudian diamati. Pengambilan sampel pada penelitan ini akan menggunakan teknik purposive sample. Dimana peneliti sudah menentukan kriteria dari sampel yang akan digunakan dalam penelitian sehingga dapat mewakili populasi. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara perbedaan beban trauma dengan persentase inflamasi otak tikus pasca mengalami cedera otak traumatik. Hasil analisis data dari penelitian ini untuk uji pearson diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 sehingga terdapat korelasi antara perbedaan beban trauma dengan persentase inflamasi sel otak tikus pasca mengalami cedera otak traumatik. Nilai pearson correlation dari data ini sebesar 0,7621 yang memiliki arti korelasi kuat. Hasil penelitian menunjukkan gambaran inflamasi yang signifikan dibandingkan dengan gambaran histopatologi sel otak tikus pada sampel normal. Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang signifikan mengenai hubungan perbedaan beban trauma dengan persentase gambaran inflamasi otak tikus pasca mengalami cedera otak traumatik. Dimana, semakin besar beban trauma yang diberikan maka semakin luas pula persentase inflamasi pada otak tikus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cedera otak traumatik, Beban trauma, Inflamasi, Histopatologi.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Dec 2022 23:38
Last Modified: 19 Dec 2022 23:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33903

Actions (login required)

View Item View Item