PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MUATAN MATERI PPKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 SOKONG TAHUN AJARAN 2021/2022

WAHYU SUKMA, SIWI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MUATAN MATERI PPKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 SOKONG TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WAHYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar PPKN siswa kelas IV di SDN 8 Sokong tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dimana mencari pengaruh variabel bebas (model pembelajaran Reciprocal Teaching) terhadap variabel yang terikat (hasil belajar). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan quasi experimental design. Bentuk dari desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV/A dan IV/B di SDN 8 Sokong, dimana dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas IV/B yang berjumlah 23 siswa dan kelas IV/A berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda (pre-test dan post-test). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Statistic Deskriptif yang mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Dalam pengambilan data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dengan taraf signifikan 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas selanjutnya hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan teknik independent samples t-test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% dengan df = 44 diperoleh t-hitung = 2,325 sedangkan t-tabel = 1,680, sehingga t-hitung = 2,325 ≥ t-tabel = 1.680. Pada taraf signifikansi 0,05 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu sig 2 tailed < 0,05 maka hipotesis alternativ (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa pada muatan materi PPKN siswa kelas IV di SDN 8 Sokong tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Reciprocal Teaching, hasil belajar PPKN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Dec 2022 23:38
Last Modified: 19 Dec 2022 23:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33906

Actions (login required)

View Item View Item