RANCANG BANGUN APLIKASI HYBRID PLATFORM PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS: MEDIA BELAJARKU)

Ivan, Andrianto (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI HYBRID PLATFORM PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS: MEDIA BELAJARKU). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA 2 - Ivan Andrianto - F1D018027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan kualitas suatu bangsa. Semakin tinggi pendidikan suatu bangsa tentu akan semakin dihargai kedudukannya. Seiring perkembangan teknologi, sistem pendidikan mengalami proses pembaharuan. Hal ini ditandai dengan adanya Revolusi Industri 4.0 yang mengubah berbagai aspek kehidupan manusia dengan penerapan teknologi digital. Pemanfaatan teknologi terbukti menjadi inovasi dalam sistem pendidikan untuk mengatasi permasalahan seperti minimnya jam pertemuan, keterbatasan sumber belajar, dan jarak yang jauh. Untuk memenuhi kebutuhan Indonesia akan talenta digital, diperlukan keterlibatan semua pihak, baik pemerintah hingga startup yang tergerak di bidang pendidikan. Media Belajarku merupakan platform pembelajaran online di bidang teknologi informasi yang menyusun pembelajaran khususnya dalam ranah data science. Mengingat saat ini sudah menjadi era mobile, Media Belajarku ingin memanfaatkan peluang tersebut untuk memperluas jangkauan penggunanya dengan memiliki pembelajaran berbasis mobile. Dikarenakan pengguna mobile khususnya yang berbasis Android semakin meningkat, maka pada penelitian ini akan dibangun Aplikasi Hybrid Platform Pembelajaran Online menggunakan framework Flutter dengan REST API yang akan dibangun menggunakan framework Django. Metode yang akan digunakan untuk pengembangan sistem ini adalah Personal Extreme Programming yang cocok untuk mengejar rilis aplikasi dalam jangka pendek. Pengujian dilakukan dengan teknik black box testing yang telah berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahan dan didapatkan nilai hasil uji MOS (Mean Opinion Score) secara keseluruhan dengan nilai 4,65 yang mengindikasikan bahwa aplikasi platform pembelajaran online yang dibangun memiliki kualitas yang baik untuk digunakan. Waktu pengerjaan sistem yang dibangun lebih cepat dibandingkan waktu estimasi yang direncanakan. Hal ini didukung oleh pemanfaatan framework Django yang memudahkan pengembangan sistem yang dibangun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Platform Pembelajaran Online, Flutter, Hybrid, Personal Extreme Programming, Django
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:57
Last Modified: 20 Dec 2022 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33909

Actions (login required)

View Item View Item