PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS

ELZA, ULFANI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI+LAMPIRAN_ELZA ULFANI_E1Q018022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul fisika berbasis problem based learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi getaran harmonis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penelitian yang dikembangkan yaitu silabus, RPP, modul fisika berbasis problem based learning dan instrumen tes penguasaan konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan guru, serta instrumen tes penguasaan konsep. Validitas modul diperoleh dari hasil penilaian oleh 3 validator ahli dan 3 validator praktisi menggunakan skala Likert. Kepraktisan diperoleh dari hasil respon peserta didik, respon guru dan data empiris. Efektivitas modul diperoleh dari hasil tes penguasaan konsep peserta didik yang dianalisis menggunakan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata persentase kevalidan modul sebesar 81,07% dengan kategori sangat valid dan nilai rata-rata reliabilitas sebesar 92,99% dengan kategori reliabel. Berdasarkan respon peserta didik dan guru, nilai rata-rata kepraktisan modul yaitu 87,50% dan 87,11% dengan kategori sangat praktis dan nilai rata-rata data empiris sebesar 82,8 dengan kategori tinggi. Berdasarkan nilai pretest dan posttest diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis problem based learning sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi getaran harmonis

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ADDIE, getaran harmonis, modul fisika, penguasaan konsep, problem based learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:40
Last Modified: 21 Dec 2022 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33916

Actions (login required)

View Item View Item