ANALISIS TORSI, DAYA MEKANIS DAN EFISIENSI PERMANENT MAGNET SYNCHRONOUS MOTOR (PMSM) SEBAGAI PENGGERAK MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS MATARAM

Lukman, Nulhakim (2022) ANALISIS TORSI, DAYA MEKANIS DAN EFISIENSI PERMANENT MAGNET SYNCHRONOUS MOTOR (PMSM) SEBAGAI PENGGERAK MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir-Lukman Nulhakim- F1C018034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mobil listrik merupakan salah satu solusi kendaraan untuk mengatasi ketersediaan energi yang semakin menipis dan mengurangi polusi udara, dengan memanfaatkan motor listrik untuk mengkonversi energi listrik menjadi energi gerak. Analisis unjuk kerja motor listrik sebagai penggerak yang meliputi daya mekanis, besarnya torsi, dan efisiensi sangat fundamental dilakukan untuk mengelola penggunaan konsumsi energi sehingga dapat diketahui performa dan kapasitas suatu motor penggerak. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan pengujian guna mengetahui pengaruh variasi pembebanan terhadap torsi, daya mekanis dan efisiensi pada motor listrik sebagai penggerak mobil listrik Universitas Mataram. Pengujian torsi menggunakan metode rope brake dynamometer dengan variasi pembebanan 5 kg, 10 kg, dan 15 kg yang dilakukan pada poros keluaran motor listrik dan poros keluaran differential. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variasi pembebanan dapat mempengaruhi besarnya torsi, daya mekanis dan efisiensi dari motor listrik. Torsi tertinggi didapatkan pada variasi pembebanan 15 kg yakni sebesar 4,48 N.m pada pengujian motor listrik dan 5,81 N.m pada pengujian differential. Daya mekanis tertinggi didapatkan pada pembebanan 15 kg yakni 2264,92 Watt pada pengujian motor listrik dan 2271,45 Watt pada pengujian differential. Sedangkan efisiensi tertinggi didapatkan pada pembebanan 5 kg yakni 90.5% pada pengujian motor listrik dan 80.2% pada pengujian differential. Besarnya torsi dan daya mekanis pada pengujian differential cendrung meningkat dikarenakan adanya tambahan mekanisme pada gear box differential namun tingkat efisiensi semakin menurun akibat adanya slip dan kerugian lainnya akibat dari adanya tambahan mekanisme.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mobil listrik, Motor listrik, Unjuk kerja, Rope brake dynamometer, Torsi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:40
Last Modified: 21 Dec 2022 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33917

Actions (login required)

View Item View Item