Studi Korelasi Penolong Persalinan terhadap Jumlah Kunjungan Nifas pada Ibu Pasca Bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun 2021

Dwi, Rahmat (2022) Studi Korelasi Penolong Persalinan terhadap Jumlah Kunjungan Nifas pada Ibu Pasca Bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI_Dwi Rahmat_Studi Korelasi Penolong Persalinan terhadap Jumlah Kunjungan Nifas pada Ibu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. Sebagian besar AKI diperkirakan terjadi setelah kehamilan (60%) yang mana 50%-nya terjadi dalam 24 jam pertama masa nifas. Selama masa nifas, ibu membutuhkan pemantauan lebih dan sangat dianjurkan untuk melakukan kunjungan nifas secara lengkap dan teratur. Fenomena yang terjadi di masyarakat kunjungan nifas jarang dilakukan secara lengkap dan sering dianggap tidak penting. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian anlisis korelatif dengan desain penelitian cross sectional untuk mengetahui korelasi penolong persalinan dengan jumlah kunjungan ibu nifas di wilayah kerja Puskesmas Narmada Kabupaten Lombok Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode quota sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik koefisien kontingensi. Hasil: Dari 110 sampel, sebagian besar ibu sudah melaksanakan kunjungan nifas 3 kali yaitu sebanyak 93,6%, sebanyak 4,5% melaksanakan kunjungan nifas 2 kali, dan sebanyak 1,8% melaksanakan kunjungan nifas hanya sekali. Hasil uji bivariat dengan metode koefisien kontingensi didapatkan p value 0,822 (p>0,05) yang menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara penolong persalinan dengan jumlah kunjungan nifas ibu pasa bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Narmada Kabupaten Lombok Barat. Simpulan: Tidak didapatkan adanya korelasi yang signifikan (p>0.05) antara penolong persalinan dengan jumlah kunjungan nifas ibu pasac bersalin di wilayah kerja Puskesmas Narmada Kabupaten Lombok Barat. Hasil ini dapat terjadi karena ada banyak faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan nifas ibu seperti salah satunya tempat tinggal dan juga faktor-faktor lain yang tidak semuanya dapat dianalisis pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): AKI, ibu, penolong persalinan, kunjungan nifas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:40
Last Modified: 21 Dec 2022 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33919

Actions (login required)

View Item View Item