PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN ARUS LISTRIK DI PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA NUSA TENGGARA BARAT (STUDI DI KOTA MATARAM)

YONATHAN ANDY KARTIKA, PUTRA (2022) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN ARUS LISTRIK DI PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA NUSA TENGGARA BARAT (STUDI DI KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YONATHAN ANDY KARTIKA PUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Mataram yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penegakan hukum yang dilakukan pelaku tindak pidana pencurian arus listrik di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara, dimana pegawai PT. PLN Kota Mataram sebagai informan. Proses penegakan hukum yang dilakukan oleh PLN Kota Mataram adalah dengan mengadakan sosialisasi dan membentuk Tim Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) yang disahkan melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI No. 07 tahun 2010 pada tanggal 30 Juni 2010 yang berfungsi untuk melakukan penegakan dan penertiban arus listrik. Salah satu bentuk penegakan yang dilalukan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya penertiban listrik dan jenis pelanggaran yang dapat terjadi beserta hukuman yang dapat dikenakan. Selain sosialisasi, P2TL juga telah menetapkan metode-metode yang digunakan untuk mendeteksi tindak pidana pencurian arus listrik, dan memberikan himbauan kepada masyarakat mengenai keamanan penggunaan listrik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PLN, Arus Litrik, Pencurian, P2TL, Penagakan Hukum.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:41
Last Modified: 21 Dec 2022 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33922

Actions (login required)

View Item View Item