FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI GEL PEMBERSIH GIGI DARI FRAKSI N-HEKSAN EKSTRAK DAUN ASHITABA (Angelica keiskei)

HENDRA, PERMANA (2022) FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI GEL PEMBERSIH GIGI DARI FRAKSI N-HEKSAN EKSTRAK DAUN ASHITABA (Angelica keiskei). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Hendra Permana-(K1A017023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karies gigi merupakan masalah gigi dan mulut yang memiliki angka kejadian penyakit yang tinggi di Indonesia dengan persentase 88,8%. Faktor penyebab karies gigi yaitu adanya infeksi bakteri Streptococcus mutans yang bekerja menghasilkan asam laktat sehingga pH lingkungan mulut dan gigi turun dan akan menyebabkan terjadinya demineralisasi gigi yang berujung terbentuknya karies gigi. Daun ashitaba (Angelica keiskei) yang mengandung senyawa chalcone memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri Streptococcus mutans. Daun ashitaba diekstraksi dengan etanol 96% kemudian difraksinasi dengan metode partisi sehingga didapatkan fraksi n-heksan ekstrak daun ashitaba. Fraksi n-heksan ekstrak daun ashitaba diformulasikan dalam sediaan gel pembersih gigi agar penggunaannya praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisik dan pengaruh variasi konsentrasi fraksi n-heksan ekstrak daun ashitaba pada sediaan gel pembersih gigi terhadap diameter zona hambat bakteri Streptococcus mutans. Gel pembersih gigi akan dibuat dalam 3 formula dengan variasi konsentrasi fraksi n- heksan ekstrak daun ashitaba yaitu F1 (1%), F2 (3%), dan F3 (5%). Sediaan gel pembersih gigi akan dilakukan pengujian sifat fisik dan aktivitas antibakteri. Hasil pengujian sifat fisik menunjukkan bahwa F1, F2, dan F3 memiliki pH dan daya sebar yang baik serta memiliki konsistensi cukup kental, berwarna hijau pekat, berbau khas daun ashitaba dan homogen. Hasil uji antibakteri fraksi n-heksan dan gel pembersih gigi daun ashitaba tidak menunjukkan adanya zona hambat terhadap bakteri Streptococcus mutans sehingga formula sediaan gel pembersih gigi fraksi n-heksan daun ashitaba tidak mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus mutans, namun memenuhi kriteria sifat fisik sediaan yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Daun ashitaba (Angelica keiskei), Gel pembersih gigi, Karies gigi, Streptococcus mutans.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:41
Last Modified: 21 Dec 2022 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33928

Actions (login required)

View Item View Item