PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL EKSTRAK BUNGA GEMITIR (Tagetes erecta L.) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS DAN KCKT

FATIKA, AGUSTINA (2022) PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL EKSTRAK BUNGA GEMITIR (Tagetes erecta L.) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS DAN KCKT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FATIKA AGUSTINA_K1A018031_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Bunga gemitir (Tagetes erecta L.) secara empiris banyak digunakan sebagai obat dalam pengobatan demam, antiinflamasi, dan sebagai minuman dengan khasiat antioksidan. Ekstrak etanol bunga gemitir memiliki aktivitas antioksidan yang tergolong kuat dengan nilai IC 50 sebesar 7,6 μg/mL. Ekstrak etanol bunga gemitir mengandung metabolit sekunder dominan seperti flavonoid, fenolik, dan alkaloid. Flavonoid, khususnya kuersetin merupakan salah satu senyawa yang berperan dalam aktivitas antioksidan dan antibakteri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar flavonoid total dan kadar kuersetin yang terkandung dalam ekstrak etanol bunga gemitir dengan metode spektrofotometri ultraviolet-visible (UV-Vis) dan kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT). Sampel bunga gemitir yang dikoleksi dari desa Keru, Narmada, Lombok Barat, dibuat simplisia dengan metode pengeringan dingin dan diekstraksi dengan metode sonikasi menggunakan pelarut etanol 70%. Identifikasi kandungan senyawa flavonoid dalam ekstrak etanol bunga gemitir dilakukan dengan uji wilstater dan kromatografi lapis tipis (KLT). Penentuan kadar flavonoid total dan kadar kuersetin dilakukan dengan metode spektrofotometri UV-Vis dan KCKT menggunakan pembanding kuersetin. Uji wilstater dan identifikasi KLT menunjukkan hasil positif flavonoid pada ekstrak etanol bunga gemitir. Kadar flavonoid total ekstrak etanol bunga gemitir yang diuji menggunakan spektrofometri UV-Vis didapatkan sebesar 126,958 ± 1,95 mg ekuivalen kuersetin/g ekstrak (mg EK/g ekstrak). Kadar kuersetin ekstrak etanol bunga gemitir yang diuji menggunakan KCKT diperoleh sebesar 2,399 ± 0,029 mg kuersetin/ g ekstrak. Data kadar yang diperoleh telah memenuhi syarat standar deviasi dan koefisien variasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bunga gemitir (Tagetes erecta L.), Flavonoid, Spektrofotometri UV-Vis, Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:55
Last Modified: 21 Dec 2022 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33935

Actions (login required)

View Item View Item