HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS MEROKOK DENGAN KEJADIAN DIABETES MELITUS TIPE 2 TIDAK TERKONTROL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAKRA LOMBOK TIMUR

Aulia Riezka, Rahim (2022) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS MEROKOK DENGAN KEJADIAN DIABETES MELITUS TIPE 2 TIDAK TERKONTROL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAKRA LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI - Aulia Riezka Rahim (H1A019010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang melebihi batas normal (hiperglikemia). Sebesar 90-95% penderita DM mengidap DM tipe 2. DM tipe 2 memiliki banyak faktor risiko, salah satunya adalah merokok. Lombok Timur merupakan penyumbang penderita terbesar di Pulau Lombok dengan prediksi penderita sebanyak 13.073 jiwa. Kecamatan dengan penderita DM terbanyak adalah Kecamatan Sakra dengan jumlah penderita DM mencapai 625 orang pada tahun 2019. Lombok Timur juga memiliki jumlah perokok aktif sebesar 25,79% diantara penduduk berusia ≥10 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas merokok dengan kejadian DM tipe 2 tidak terkontrol di wilayah kerja Puskesmas Sakra, Lombok Timur. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah potong- lintang dengan jumlah sampel 60 yang dipilih menggunakan teknik non probability sampling yaitu consecutive sampling. Data sekunder diperoleh melalui catatan rekam medis dan data primer diperoleh dari wawancara untuk mengisi kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dan Fisher Exact. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 93.3% sampel mengalami DMT2 tidak terkontrol dan 80% sampel bukan seorang perokok aktif. Hasil analisis data menggunakan uji Chi-Square didapatkan P-value 0.195 (p > 0.05) sehingga Ha ditolak yang artinya tidak terdapat hubungan antara aktivitas merokok dengan kejadian DM tipe 2 tidak terkontrol di wilayah kerja Puskesmas Sakra, Lombok Timur. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara aktivitas merokok dengan kejadian diabetes melitus tipe 2 tidak terkontrol di wilayah kerja Puskesmas Sakra, Lombok Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): diabetes melitus tipe 2 tidak terkontrol, merokok
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:37
Last Modified: 21 Dec 2022 07:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33941

Actions (login required)

View Item View Item