PERBANDINGAN KARAKTERISTIK PENDERITA DAN TERAPI YANG DIBERIKAN KEPADA PASIEN DIARE BALITA YANG BERUSIA 1-5 TAHUN DI PUSKESMAS AMPENAN DAN PUSKESMAS KEDIRI PERIODE JANUARI-JUNI TAHUN 2021

Siska Julia Cindy, Winangsih (2022) PERBANDINGAN KARAKTERISTIK PENDERITA DAN TERAPI YANG DIBERIKAN KEPADA PASIEN DIARE BALITA YANG BERUSIA 1-5 TAHUN DI PUSKESMAS AMPENAN DAN PUSKESMAS KEDIRI PERIODE JANUARI-JUNI TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

Latar Belakang : Penyakit diare merupakan tantangan kesehatan bagi masyarakat terutama pada anak-anak dan masih menempati urutan ketiga sebagai penyebab kematian terbanyak pada anak-anak. Diare didefinisikan sebagai suatu kondisi seseorang yang memiliki konsistensi lembek atau cair bahkan dapat berupa air pada saat buang air besar. Biasanya frekuensinya dalam satu hari bisa terjadi tiga kali atau lebih. Tujuan : Untuk mengetahui perbandingan karakteristik penderita dan terapi yang diberikan pada pasien diare balita yang berusia 1-5 tahun di Puskesmas Ampenan dan Puskesmas Kediri. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan retrospektif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dari data sekunder rekam medis pasien di Puskesmas Ampenan dan Puskesmas Kediri pada bulan Januari-Juni 2021. Hasil : Pada penelitian ini, didapatkan 44 data di Puskesmas Ampenan dan 80 data di Puskesmas Kediri terkait pasien diare balita yang memenuhi kriteria inklusi. Pada kedua Puskesmas tersebut mempunyai persamaan karakteristik penderita yaitu banyak terjadi pada usia 1 tahun, Puskemas Ampenan (31,8%) dan Puskesmas Kediri (52,5%), memiliki status gizi baik, Puskesmas Ampenan (59,1%) dan Puskesmas Kediri (90%), tanpa dehidrasi, Puskesmas Ampenan (100%) dan Puskesmas Kediri (86,3%), jenis kelamin laki-laki Puskesmas Ampenan (59,1%) dan Puskesmas Kediri (65%) dan karakteristik terapi yang paling banyak diberikan adalah oralit dan zinc dengan memiliki presentase yang sama (100%). Kesimpulan : Terdapat perbedaan jumlah kasus pada 2 puskesmas tersebut dan ditemukan persamaan pada karakteristik penderita serta terapi yang diperoleh pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Diare, Karakteristik, Terapi, Balita, Usia 1-5
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:07
Last Modified: 23 Dec 2022 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33947

Actions (login required)

View Item View Item