HUBUNGAN DERAJAT ARDS TERHADAP LAMA PENGGUNAAN VENTILASI NON INVASIF PADA PASIEN COVID-19 DENGAN ARDS DI RSUD PROVINSI NTB TAHUN 2021

Muhammad Aulia Hikmah, Romadoni (2022) HUBUNGAN DERAJAT ARDS TERHADAP LAMA PENGGUNAAN VENTILASI NON INVASIF PADA PASIEN COVID-19 DENGAN ARDS DI RSUD PROVINSI NTB TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI- Muhammad Aulia Hikmah Romadoni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Penyebaran virus Corona penyebab pandemi COVID-19 di dunia belum juga mereda. Bahkan, di banyak negara varian Delta merebak dan menyebabkan lonjakan kasus. Pasien COVID-19 dapat mengalami sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), suatu kondisi dimana kebocoran cairan ke paru- paru dan membuat pasien sangat sulit bernapas. Pasien ARDS ringan dapat diobati dengan ventilasi non invasif, yang tujuannya adalah untuk memberikan oksigen kepada pasien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh derajat ARDS terhadap lama penggunaan ventilasi non invasif pada pasien COVID- 19 Dengan ARDS Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB Tahun 2021 Metode: Penelitian yang dilakukan ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional pendekatan retrospektif. Metode pengambilan sampel adalah dengan teknik consecutive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari pencatatan rekam medik pasien, Pengujian data menggunakan uji T tidak berpasangan. Hasil: Dari 46 subjek penelitian terdapat 27 subjek berjenis kelamin laki-laki (58,7%) dan 19 subjek perempuan (41,3%) dengan rata-rata usia subjek ialah 53,9 ±7,9 tahun. Rata-rata Lama penggunaan ventilasi non invasif pada pasien ARDS ringan ialah 3,26 ±2,816 hari dan rata-rata lama penggunaan ventilasi non invasif pada pasien ARDS sedang ialah 3,65 ±2,870 hari. Hasil analisis data pada uji Independent sample t test yaitu 0,643 (p >0,05). Kesimpulan: Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pengaruh derajat ARDS terhadap lama penggunaan ventilasi non invasif pada pasien COVID-19 Dengan ARDS.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): NIV, ARDS, COVID-19
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:07
Last Modified: 23 Dec 2022 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33952

Actions (login required)

View Item View Item