ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI PADA SISWA KELAS 3 DI SDN NGOLANG

HEMA, MALINI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI PADA SISWA KELAS 3 DI SDN NGOLANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HEMAMALINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi siswa kelas 3 di SDN Ngolang. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes kemampuan literasi. Data yang diperoleh kemudian dikelompokkan berdasarkan level kemampuan literasi. Level kemampuan literasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari level pemula, level huruf, level kata, level paragraf, level cerita 1, dan level cerita 2. Wawancara dilakukan dengan bertanya langsung kepada siswa. Indikator wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebut huruf, pemahaman kata, pemahaman soal paragraf, dan pemahaman soal cerita. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dari Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi siswa kelas 3 SDN Ngolang berbeda. Tidak terdapat siswa pada level pemula, level huruf, dan level kata. Terdapat 1 orang siswa pada level paragraf, 4 orang siswa pada level cerita 1, dan 1 orang siswa pada level cerita 2.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan literasi, membaca, program SAC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:07
Last Modified: 23 Dec 2022 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33953

Actions (login required)

View Item View Item