HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI MEMORI YANG DIUKUR DENGAN DIGIT SPAN TEST PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Arif Setyo, Pambudi (2022) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI MEMORI YANG DIUKUR DENGAN DIGIT SPAN TEST PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI KTI ARIF SETYO PAMBUDI H1A0190807.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)

Abstract

Latar Belakang : Tidur merupakan kondisi yang sangat diperlukan oleh manusia. Penelitian menyebutkan kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan penurunan kemampuan pembelajaran dan memori pada mahasiswa Kedokteran. Berdasarkan dual process theory, dan sequencial theory disebutkan bahwa jenis memori tertentu bergantung pada kondisi tidur yang teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan fungsi memori jangka pendek yang diukur dengan digit span test pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Data pada penelitian ini menggunakan jenis data primer yang terdiri dari data karakteristik sosiodemografi, PSQI, dan Digit Span Test . Analisis data menggunakan uji chi-square dan fisher exact test. Hasil : Didapatkan 62 subyek dengan memiliki rentang usia 18-23 tahun, 42 orang (67,7%) perempuan, 20 orang (32,3%) laki-laki, kualitas tidur buruk 44 orang (71%), kualitas tidur baik 18 orang (29%), 62 orang (100%) digit span maju normal, 49 orang (79%) digit span mundur normal dan 13 orang (21%) abnormal pada digit span mundur. Tidak didapatkan hubungan antara kuliatas tidur dengan fungsi memori yang diukur dengan digit span test pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (p=0.739) Kesimpulan : Kualitas tidur tidak berhubungan dengan fungsi memori yang diukur dengan digit span test pada mahasiswa Fakultar Kedokteran Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kualitas tidur, memori jangka pendek, digit span test, working memory
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:07
Last Modified: 23 Dec 2022 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33956

Actions (login required)

View Item View Item