PENGARUH MODEL KAUSALITIK TERPADU NILAI KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN SIKAP POSITIF SISWA SMP

ARNI EMIZA, FEBRIANTI (2022) PENGARUH MODEL KAUSALITIK TERPADU NILAI KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN SIKAP POSITIF SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Arni Emiza Febrianti_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Model kausalitik terpadu nilai karakter merupakan salah satu model pembelajaran yang terintegrasi dengan nilai karakter dan dikembangkan berdasarkan pendekatan berpikir kausalitas dan analitik yang terintegrasi dengan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan model pembelajaran kausalitik terpadu nilai karakter terhadap kemampuan penguasaan konsep fisika dan sikap positif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pengambilan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design (pretest dan posttest). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Mataram dengan metode pengambilan sampel purposive sampling, 34 siswa kelas A sebagai kelas kontrol dan 34 siswa kelas B sebagai kelas eksperimen. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 35,10, sementara kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 29,61. Kemampuan penguasaan konsep diukur menggunakan tes penguasaan konsep, sedangkan sikap positif siswa diukur menggunakan angket sikap positif. Berdasarkan hasil uji normalitas kemampuan penguasaan konsep kedua kelas tidak terdistribusi normal sehingga dianalisis menggunakan uji nonparametris yaitu uji Mann Whitney dengan bantuan SPSS. Hasil hipotesis untuk penguasaan konsep diperoleh nilai asymp. Sig (2-tailed) < 0,05, dan untuk sikap positif diperoleh persentase rata-rata sebesar 87, 5. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model kausalitik terpadu nilai karakter terhadap kemampuan penguasaan konsep fisika. 2) terdapat pengaruh model kausalitik terpadu nilai karakter terhadap sikap positif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model kausalitik, nilai karakter, penguasaan konsep, dan sikap positif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:30
Last Modified: 23 Dec 2022 03:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33961

Actions (login required)

View Item View Item