PERAMALAN VOLUME PENJUALAN TIKET PENYEBERANGAN DENGAN METODE VARIASI KALENDER DI PELABUHAN PENYEBERANGAN KAYANGAN LOMBOK TIMUR

Aris, Aswadi (2022) PERAMALAN VOLUME PENJUALAN TIKET PENYEBERANGAN DENGAN METODE VARIASI KALENDER DI PELABUHAN PENYEBERANGAN KAYANGAN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARIS ASWADI (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peramalan penjualan tiket penyeberangan kapal feri bertujuan untuk mempersiapkan jika terjadi lonjakan penumpang di pelabuhan penyeberangan Kayangan Lombok Timur pada tahun-tahun berikutnya khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model variasi kalender yang menggambarkan pola volume penjualan tiket penyeberangan kendaraan golongan IVA sehingga model tersebut dapat digunakan untuk melakukan peramalan dan memperoleh hasil peramalan untuk periode Januari 2019 - Desember 2019. Variasi kalender merupakan pola berulang dengan panjang periode yang bervariasi akibat pengaruh penanggalan kalender yang berbeda-beda setiap tahunnya. Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu contoh dari variasi kalender yang terjadi di Indonesia, karena pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri selalu mengalami pergeseran pada penanggalan kalender Masehi. Pergeseran ini disebabkan oleh adanya selisih hari pada satu tahun di kalender Hijriyah dengan satu tahun di kalender Masehi. Perubahan secara periodik ini menimbulkan suatu variasi kalender. Data yang terdampak Hari Raya Idul Fitri seperti penjualan tiket penyeberngan kapal feri di pelabuhan penyeberangan juga akan memiliki efek variasi kalender. Oleh karena itu, untuk menganalisis data penjualan tiket feri digunakan metode ARIMA dengan efek variasi kalender atau lebih dikenal dengan metode variasi kalender. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa variabel dummy yang signifikan adalah variabel D1 yaitu variabel bulan terjadinya Hari Raya Idul Fitri. Kemudian dilakukan pemodelan ARIMA terhadap residual model regresi dummy. Berdasarkan analisis diperoleh model terbaik yaitu model variasi kalender yang mengandung ARIMA (0,1,1)(1,0,0)12, dimana semua parameternya signifikan dan telah memenuhi uji asumsi residualnya, yaitu uji kenormalan residual dan uji asumsi white noisenya. Model variasi kalender yang mengandung ARIMA (0,1,1)(1,0,0)12 memiliki Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 12,6%, artinya hasil peramalannya dapat dipercaya sebesar 87,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr. I Gede Adhitya Wisnu Wardhana
Date Deposited: 23 Dec 2022 05:48
Last Modified: 23 Dec 2022 05:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33963

Actions (login required)

View Item View Item