HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA UNIVERSITAS MATARAM DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ROKOK ELEKTRIK (E-CIGARETTE OR VAPE)

Ayu Santia, Dewi (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA UNIVERSITAS MATARAM DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ROKOK ELEKTRIK (E-CIGARETTE OR VAPE). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi KTI _Ayu Santia Dewi (H1A019011).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)

Abstract

Latar Belakang: Rokok elektrik (e-cigarette atau vape) adalah sebuah alat yang berfungsi seperti rokok dengan menggunakan sumber energi listrik dari baterai untuk memberikan nikotin dalam bentuk aerosol (uap). Kota Mataram menduduki ranking kedua dalam hal proporsi pengguna rokok elektrik yaitu 5.76% dengan proporsi tertinggi berada pada kelompok sekolah atau mahasiswa yaitu sebanyak 9.01%. Penggunaan rokok elektrik dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya pengetahuan dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku penggunaan rokok elektrik pada mahasiswa Universitas Mataram (UNRAM). Metode: Penelitian ini merupakan studi cross-sectional survey dengan menggunakan kuesioner pada mahasiswa di empat fakultas di UNRAM, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Hukum yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli 2022. Jumlah sampel yang terpilih adalah sebanyak 225 mahasiswa. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa UNRAM memiliki pengetahuan terhadap rokok elektrik yang kurang yaitu sebanyak 56% dan sikap yang negatif sebanyak 51.1%. Proporsi pengguna rokok elektrik pada mahasiswa UNRAM cukup tinggi sebanyak 17.8%. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku penggunaan rokok elektrik (p= 0.013), tetapi tidak terdapat hubungan antara sikap dengan perilaku penggunaan rokok elektrik (p= 0.286). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan perilaku penggunaan rokok elektrik. Namun tidak terdapat hubungan yang bermakna antara sikap dengan perilaku penggunaan rokok elektrik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengetahuan, sikap, perilaku, rokok elektrik/vape, mahasiswa
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Dec 2022 08:11
Last Modified: 23 Dec 2022 08:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33965

Actions (login required)

View Item View Item