PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS

FARIDATUN, HASANAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSIII FARR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatf tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual peserta didik pada materi pokok teori kinetik gas. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan menggunakan nonequivalent control group design. Popuasi penelitian ini adalah semua kelas XI di SMAN 1 Kediri. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang masing-masing terdiri dari 22 peserta didik, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan konseptual peserta didik dalam bentuk essai sebanyak 10 soal. Hasil analisis data pre- test kemampuan pengetahuan konseptual kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama. Setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 69,91 dan kelas kontrol 58,86. Hasil uji t post-test menunjukkan thitung < ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap pengetahuan konseptual peserta didik pada materi teori kinetik gas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran kooperatif, group investigation (GI), pengetahuan konseptual, teori kinetik gas
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Dec 2022 08:11
Last Modified: 23 Dec 2022 08:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33967

Actions (login required)

View Item View Item