KESESUAIAN BAHASA BUKU CERITA RAKYAT SUMBAWA BARAT “JOMPONG SUAR” DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SDN LESENG

FARIKHA CAHYA, SAFITRI (2022) KESESUAIAN BAHASA BUKU CERITA RAKYAT SUMBAWA BARAT “JOMPONG SUAR” DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SDN LESENG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Farikha Cahya Safitri (E1E218053).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, membaca merupakan salah satu kegiatan yang penting dan harus dikuasai siswa terutama dalam membaca pemahaman. Penerapan kegiatan membaca di sekolah dapat menggunakan pemanfaatan buku cerita rakyat. Buku cerita rakyat yang digunakan sebaiknya memenehui syarat akademik yang telah ditentukan oleh Badan Standara Nasional Pendidikan (BSNP). Salah satunya adalah dari aspek kesesuaian bahasa buku. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian bahasa buku cerita rakyat Sumbawa Barat “Jompong Suar” dengan kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas V SDN Leseng. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan didasarkan pada data-data yang diperoleh di lapangan untuk kemudian dianalisis. Objek dalam penelitian ini adalah hasil analisis buku cerita rakyat dan hasil tes siswa kelas V SDN Leseng sebanyak 20 siswa. Teknik dalam pengumpulan data yaitu teknik triangulasi antara metode dokumentasi dan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian, kesesuaian bahasa buku cerita rakyat “Jompong Suar” mendapatkan persentase 92,18% dengan kategori sangat layak. Hal tersebut berbanding lurus dengan hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa dengan mendapatkan persentase 81,66% yang dikategorikan baik. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahasa buku cerita rakyat “Jompong Suar” sesuai dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Leseng dan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesesuaian Bahasa, Cerita Rakyat, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Dec 2022 08:11
Last Modified: 23 Dec 2022 08:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33968

Actions (login required)

View Item View Item