PENGARUH TUMPANGSARI DENGAN KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GALUR PADI BERAS MERAH PADA SISTEM IRIGASI AEROBIK

Zaenal, Ahmad (2022) PENGARUH TUMPANGSARI DENGAN KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GALUR PADI BERAS MERAH PADA SISTEM IRIGASI AEROBIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZAENAL AHMAD 26 JULI 2022...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ZAENAL_JURNAL_26_juIi_2022_part_iv.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Padi beras merah merupakan salah satu jenis padi yang bisa dibudidaya pada lahan kering (Mufidah, 2017). Teknik budidaya padi pada umumnya menggunakan teknik budidaya konvensional, namun seiring berjalannya waktu telah ditemukan teknik budidaya padi sistem aerobik. Penanaman padi dengan sistem irigasi aerobik adalah penanaman padi pada tanah yang tidak digenangi, tanahnya juga tidak dilumpurkan dan tidak jenuh air ( Prasad, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tumpangsari dengan kedelai terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa galur padi beras merah pada sistem irigasi aerobik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2019 di lahan Sawah Desa Beleka, Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Rancangan yang digunakan dalam percobaan ini yaitu Split Plot dengan dua faktor perlakuan yaitu: Petak utama adalah galur padi beras merah(G) terdiri atas 4 aras yaitu: G4, G10, G15, dan G21. Sedangkan anak petaknya adalah perlakuan pola tanam (T) yang terdiri dari 2 aras perlakuan yaitu, monocrop padi beras merah (Po) dan tumpangsari padi dengan kedelai (Pk). Dengan demikian diperoleh 8 kombinasi perlakuan, yaitu PoG4, PoG15, PoG10, PoG21, PkG4, PkG15, PkG10, PkG21. Dan dari masing-masing kombinasi perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 24 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tumpangsari tanaman padi beras merah dengan tanaman kedelai berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil pada sistem irigasi aerobik, Pertumbuhan dan hasil tanaman padi beras merah lebih baik pada tumpangsari perlakuan G10 dengan tanaman kedelai dibandingkan dengan perlakuan lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Padi Beras Merah, Tumpangsari, Irigasi Aerobik, Pertumbuhan dan Hasil.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:03
Last Modified: 27 Dec 2022 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33989

Actions (login required)

View Item View Item