ANALISIS STATISTIK LEVEL DAYA SINYAL PROVIDER TELKOMSEL DAN XL DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS MATARAM MENGGUNAKAN METODE WALK TEST

WINALDI, NURRAHMAN (2022) ANALISIS STATISTIK LEVEL DAYA SINYAL PROVIDER TELKOMSEL DAN XL DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS MATARAM MENGGUNAKAN METODE WALK TEST. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir WINALDI NURRAHMAN F1B016097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Teknologi 4G LTE bergantung pada kondisi lingkungan antara pemancar dan penerima. Pengujian level daya sinyal merupakan elemen penting untuk menentukan klasifikasi level daya sinyal pada daerah pengukuran dengan memperhatikan standar parameter penerimaan sinyal dari provider yang digunakan. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran level daya sinyal kondisi indoor dan outdoor provider Telkomsel dan XL serta analisa statistik hasil pengukuran path loss pada frekuensi kerja 2,1 GHz kemudian dikaji lokasi penerimaan sinyal indoor dan outdoor serta pengaruh yang disebabkan oleh lingkungan pada area pengukuran menggunakan Path Loss model. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lokasi yang baik dalam mengakses internet berdasarkan hasil pengukuran nilai level daya sinyal lokasi indoor dan outdoor, sehingga dari pengukuran level daya sinyal lokasi indoor dan outdoor untuk provider Telkomsel dan XL dapat diketahui lokasi baik dan buruk dalam mengakses internet di jurusan Teknik Elektro Universitas Mataram. Lokasi pengukuran indoor di koridor lantai 3 gedung B dan outdoor di area luar gedung B Jurusan Teknik Elektro Universitas Mataram. Dari hasil pemetaan level daya sinyal didapatkan perbandingan kondisi indoor provider XL dengan kategori lokasi normal nilai rerata level daya sinyal -90 dBm, kondisi outdoor provider XL dengan kategori Good pada rerata level daya -80 dBm. Pada kondisi indoor provider Telkomsel berada pada kategori medium dengan rerata level daya sinyal -90 dBm, dan pada lokasi outdoor provider Telkomsel berada pada variasi warna kategori yaitu good, medium dan bad dengan nilai level daya -110 hingga -80.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): evel daya sinyal; indoor; outdoor; walk test; pathloss; provider
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:03
Last Modified: 27 Dec 2022 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33992

Actions (login required)

View Item View Item