PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA JASA PORTER ATAS PENGENAAN TARIF KARENA MELEBIHI BATAS WAKTU (STUDI PADA JASA PENDAKIAN GUNUNG RINJANI)

MOH HARJUNA, ASHARANUWIJAYA (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA JASA PORTER ATAS PENGENAAN TARIF KARENA MELEBIHI BATAS WAKTU (STUDI PADA JASA PENDAKIAN GUNUNG RINJANI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MOH HARJUNA ASHARANUWIJAYA (D1A017186).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap penggunaan jasa pengangkut barang (porter) dalam pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani serta faktor-faktor yang mempengaruhi perlindungan hukum terhadap penggunaan jasa Porter atas pengenaan tarif karena melebihi batas waktu yang sudah di sepakati sebelumnya. Penelitian ini termasuk penelitian hukum empiris yang diambil dari tingkah laku manusia dan penelitian hukum normative yang menggunakan pendekatan Undang-undang, buku, dan litelatur lainnya. Permasalahan yang muncul terkait pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani yang meliputi bagaimana hubungan hukum antara porter dengan pengguna jasa dan perlindungan hukum antara pengguna jasa atas pengenaan tarif yang melebihi batas waktu. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari pembahasan yang telah ditulis oleh penyusun bahwa masih banyak terjadi praktik pemungutan tarif yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal yang terjadi pada saat pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani bila terjadi penambahan hari atau melebihi Batasan waktu yang telah ditentukan, dikarenakan belum adanya aturan yang mengatur tentang penambahan biaya. Dapat disimpulkan permasalahan dari penelitian ini adalah hubungan hukum antara porter dengan pengguna jasa merupakan hubungan hukum jual beli jasa sedangkan untuk perlindungan hukumnya adalah perlindungan konsumen dikarenakan pengguna jasa bisa dikatakan sebagai konsumen namun perjanjian yang dilakukan oleh pengguna jasa dengan porter hanya sebatas perjanjian lisan, yang mengakibatkan kurangnya perlindungan hukum bagi pengguna jasa porter. Sehingga berdampak terhadap animo wisatawan untuk berkunjung menuju Taman Nasional Gunung Rinjani terbilang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Pengguna Jasa, Porter, Tarif.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:04
Last Modified: 27 Dec 2022 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33993

Actions (login required)

View Item View Item