KAJIAN KECUKUPAN NUTRISI PAKAN AYAM RAS PETELUR TERHADAP KUALITAS EKSTERNAL TELUR DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

FIRMAN, MULIADI (2022) KAJIAN KECUKUPAN NUTRISI PAKAN AYAM RAS PETELUR TERHADAP KUALITAS EKSTERNAL TELUR DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
firman muliadi 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian tentang kajian kecukupan nutrisi pakan ayam ras petelur dan pengaruh terhadap kualitas eksternal telur telah dilaksanakan di Kabupaten Lombok Tengah pada bulan april - Juli 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecukupan nutrisi ayam ras petelur yang terdapat di Lombok Tengah dan pengaruhnya terhadap kualitas eksternal telur. Pengambilan sampel peternak dilakukan pada 12 kecamatan yang ada di Lombok Tengah dan dari masing-masing peternak tersebut diambil 20 sampel telur untuk diukur kualitasnya. Data yang diamati adalah konsumsi pakan dan kecukupan nutrisi pakan , dan kualitas eksternal telur. Hasil dari penelitian ini adalah konsumsi pakan ayam ras di Lombok Tengah berkisar antara 98,56 - 122 g/ekor/hari dengan rataan 112 g/ekor/hari, komposisi nutrisi pakan tersebut rata-rata PK= 18,87, EM= 2749,72 Kkal, SK= 5,97, LK= 5,64 Ca= 4,38 dan P= 0,74 campuran pakan ini sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia yang berlaku. Kualitas telur yang dihasilkan rata-rata menghasilkan telur dengan kategori besar dengan berat di atas 60 g, dan memiliki bentuk sedikit lebih bulat serta ketebalan kerabang yang baik dan memenuhi Standar Nasional Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): onsumsi pakan, kualitas pakan, berat telur, indeks bentuk telur, berat jenis telur, ketebalan kerabang telur.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:29
Last Modified: 27 Dec 2022 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33994

Actions (login required)

View Item View Item