PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA OLEH PENUTUR BAHASA IBU (BAHASA SASAK) PADA ANAK USIA 5 TAHUN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENGEMBANGAN PENGUASAAN BAHASA INDONESIA DI PAUD AL-KHAIR TAHUN 2015

UTAMI, PRANDARA (2015) PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA OLEH PENUTUR BAHASA IBU (BAHASA SASAK) PADA ANAK USIA 5 TAHUN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENGEMBANGAN PENGUASAAN BAHASA INDONESIA DI PAUD AL-KHAIR TAHUN 2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan pemerolehan bahasa pertama (B1) dan bahasa kedua (B2) pada masyarakat Indonesia. Mayoritas anak Indonesia memperoleh bahasa Indonesia (BI) sebagai B2 ketika anak mengenyam pendidikan. Hal inilah yang menjadi daya tarik untukmeneliti tentang pemerolehan bahasa Indonesia pada penutur bahasa Ibu (Bi) (bahasa Sasak) pada anak usia 5 tahun dan hubungannya dengan perkembangan penguasaan BI di PAUD Al-Khair. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bentuk pemerolehan BI sebagai bahasa kedua pada anak usia 5 tahun di PAUD Al- Khair jika ditinjau dari aspek pemerolehan pada bidang morfologi dan sintaksisnya, (2) untuk mengetahui hubungan pemerolehan BI pada penutur Bi (bahasa Sasak) pada anak usia 5 tahun dengan perkembangan bahasa anak di PAUD Al-Khair dan (3) untuk mengetahui factor-faktor yang memengaruhi pemerolehan BI pada anak usia 5 tahun di PAUD Al-Khair.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode simak, cakap dan introsfeksi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif,analisis data kualitatif bersifat induktif, yaitu suatu analisis data berdasarkan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan BI sebagai B2 pada penutur Bi pada anak usia 5 tahun di tinjau dari bentuk pemerolehan di bidang morfologi dan sintaksis di PAUD Al-Khair menunjukan 1) adanya perbedaan pemerolehan pada setiap anak yang diteliti baik dari bentuk morfologi dan sintaksisnya, 2) pemerolehan dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu faktor guru,orang tua, teman sebaya, lingkungan dan televisi. Hubungan pemerolehan BI sebagai B2 anak usia 5 tahun di PAUD Al-Khair dengan pengembangan penguasaan bahasa adalah empat kemampuan berbahasa yaitu berbicara, menulis, mendengarkan dan menyimak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pemerolehan bahasa, morfologi, sintaksis, pengembangan penguasaan bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 May 2018 01:42
Last Modified: 02 May 2018 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3400

Actions (login required)

View Item View Item