HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU TERHADAP PENGGUNAAN TABIR SURYA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Rabsan, jani (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU TERHADAP PENGGUNAAN TABIR SURYA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi KTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)

Abstract

Latar Belakang : Sinar Ultraviolet (UV) merupakan hasil paparan elektromagnetik sinar matahari yang memiliki banyak dampak pada kesehatan kulit yaitu bahaya seperti luka bakar atau sunburn dan manfaat seperti produksi vitamin D pada tubuh. Selain itu, paparan radiasi UV dalam waktu yang lama tanpa adanya perlindungan juga dianggap sebagai faktor risiko kanker kulit dan penuaan dini. Salah satu hal yang dapat melindungi kulit adalah dengan memakai tabir surya. Dibalik manfaat tabir surya terdapat perbedaan pengetahuan hingga perilaku masyarakat dalam penggunaannya disebabkan oleh berbagai faktor termasuk demografi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap penggunaan tabir surya pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah 339 mahasiswa di Universitas Mataram. Pengambilan data menggunakan data primer dengan kuesioner melalui google form. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman Hasil : Hasil menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan terhadap sikap, pengetahuan terhadap perilaku, dan sikap terhadap perilaku mahasiswa FK UNRAM dalam penggunaan tabir surya. Pengetahuan menunjukkan sig 0.000 terhadap sikap (sig < 0,05) dan menunjukkan sig 0.000 (sig < 0,05) terhadap perilaku. Pada sikap juga menunjukkan sig 0.000 (sig < 0,05) terhadap perilaku. Hasil koefisien korelasi penelitian ini pada setiap variabelnya menunjukkan korelasi kuat. Koefisien korelasi pengetahuan terhadap sikap adalah 0.532, pengetahuan terhadap perilaku yaitu 0.584, dan koefisien korelasi sikap terhadap perilaku adalah 0.670. Simpulan : Terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku mahasiswa terhadap penggunaan tabir surya dengan korelasi kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengetahuan, sikap, perilaku, tabir surya, mahasiswa
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:29
Last Modified: 27 Dec 2022 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34000

Actions (login required)

View Item View Item