HUBUNGAN KONSUMSI MINUMAN KOPI TERHADAP KUALITAS TIDUR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Muhammad Duta, Alfarisi (2022) HUBUNGAN KONSUMSI MINUMAN KOPI TERHADAP KUALITAS TIDUR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi-Muhammad Duta Alfarisi (H1A019072).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)

Abstract

Latar belakang : Kualitas tidur merupakan suatu kondisi saat individu dapat mempertahankan siklus tidur tanpa terjadinya gangguan sehingga tidak mengalami kantuk yang berlebih, sakit kepala, sering menguap, mata bengkak serta perasaan gelisah. Kopi merupakan salah satu minuman berkafein yang terkenal di masyarakat. Fakultas Kedokteran dikenal sebagai fakultas dengan agenda perkuliahan serta tugas yang padat baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Mahasiswa kedokteran sebagian mengonsumsi kopi untuk meningkatkan semangat dalam mengerjakan tugas serta menghilangkan rasa kantuk saat proses belajar di kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsumsi minuman kopi terhadap kualitas tidur mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian observasional analitik menggunakan metode cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, yaitu subjek penelitian sama dengan jumlah populasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 117 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner PSQI untuk mengukur kualitas tidur seseorang. Data analisis dilakukan menggunakan uji Chi-Square. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 85 mahasiswa yang mengonsumsi minuman kopi sebanyak 39 (45,9%) mahasiswa memiliki kualitas tidur baik dan sebanyak 46 (54,1%) mahasiswa memiliki kualitas tidur buruk. Adapun responden yang tidak mengonsumsi minuman kopi sebanyak 16 mahasiswa (50%) memiliki kualitas tidur baik dan sebanyak 16 (50%) memiliki kualitas tidur buruk. Hasil uji Chi - Square didapatkan nilai p = 0.691 (p ≥ 0.05) yang menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara konsumsi minuman kopi terhadap kualitas tidur. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan konsumsi minuman kopi terhadap kualitas tidur mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Minuman kopi, kualitas tidur, mahasiswa kedokteran
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:30
Last Modified: 27 Dec 2022 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34003

Actions (login required)

View Item View Item