ANALISIS YURIDIS PUTUSAN KPPU NOMOR 08/KPPU-I/2020 TERHADAP DUGAAN PRAKTIK DISKRIMINASI BERDASARKAN HUKUM PERSAINGAN USAHA

CHINTIA RIZKI, HASBI (2022) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN KPPU NOMOR 08/KPPU-I/2020 TERHADAP DUGAAN PRAKTIK DISKRIMINASI BERDASARKAN HUKUM PERSAINGAN USAHA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CHINTIA RIZKI HASBI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemenuhan unsur praktik diskriminasi dalam persaingan usaha, bentuk pendekatan hukum serta pertimbangan hukum yang diputuskan oleh KPPU dalam Putusan KPPU Nomor 08/KPPU-I/2020 tentang dugaan pelanggaran Pasal 19 huruf d Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 berkaitan dengan praktik diskriminasi yang dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan PT Telekomunikasi Seluler terhadap Netflix. Metode penelitian yang digunakan adalah normatif. Praktik diskriminasi merupakan salah satu perilaku penguasaan pasar yang dapat mengakibatkan terciptanya hambatan masuk untuk pelaku usaha tertentu pada pasar bersangkutan seperti PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan PT Telekomunikasi Seluler yang telah terbukti melakukan praktik diskriminasi atas pemblokiran layanan akses internet terhadap Netflix. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: pertama, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan PT Telekomunikasi Seluler terbukti telah melanggar Pasal 19 huruf d Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999; kedua, dalam memeriksa perkara ini, KPPU menggunakan bentuk pendekatan Rule of Reason; dan ketiga, putusan yang dikeluarkan oleh KPPU belum memberikan rasa keadilan kepada salah satu pihak yakni Netflix.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Praktik Diskriminasi, Persaingan Usaha, Pendekatan Rule of Reason
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:53
Last Modified: 27 Dec 2022 03:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34007

Actions (login required)

View Item View Item