PENGARUH MEDIA GAMBAR PADA KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

HALIFAH, NUR (2015) PENGARUH MEDIA GAMBAR PADA KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR HALIFAH (E1C111082).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan, yaitu sebagian siswa SMP Negeri 9 Mataram mengalami kesulitan dalam menyusun sebuah langkah atau cara yang dijadikan sebagai suatu tulisan khususnya teks prosedur. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media gambar pada kemampuan menulis teks prosedur pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram tahun ajaran 2015/2016 dan mendeskripsikan faktor yang memengaruhi kemampuan menulis teks prsedur pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu menerapkan media gambar dalam menulis teks prosedur siswa. Prosedur penelitian ini adalah tes awal (pre test) dan tes akhir (post test) pada kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik sampling random sehingga diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIC sebgai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu, metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu membandingkan dua kelompok bebas. Penelitian tersebut dilakukan dengan pemberian pre test pada kedua kelompok. Sebelum post test diberikan, dilakukan perlakuan khusus kepada kelompok eksperimen (penjelasan materi penggunaan media gambar dalam menulis teks prosedur) secara intensif dan maksimal. Setelah itu, dilakukan post test untuk memperoleh pengaruh penggunaan media gambar dalam menulis teks prosedur. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil berupa penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks prosedur pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram tahun ajaran 2015/2016 dinyatakan memiliki pengaruh dengan presentase nilai yaitu 90,909 dan . 2,032. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dijelaskan bahwa penggunaan media gambar dalam menulis teks prosedur siswa memberikan hasil signifikan. Adapun fator-faktor yang memengaruhi kemampuan menulis teks pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar adalah; a) Siswa lebih mudah menulis teks prosedur dengan menggunakan media gambar; b) Siswa lebih tertarik untuk menulis dengan menggunakan gambar; c) Dapat membantu siswa dalam menulis dengan menggunakan gambar; d) Media gambar akan selalu digunakan siswa dalam menulis teks prosedur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Gambar, Kemampuan Menulis, Teks Prosedur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 May 2018 01:42
Last Modified: 02 May 2018 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item