Baiq Rizkia, Nursofia Zain (2022) ANALISIS KESULITAN MEMAHAMI PERKALIAN 1 SAMPAI DENGAN 10 SISWA KELAS 2 SDN 3 LOYOK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI BAIQ RIZKIA NURSOFIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas 2 di SDN3 Loyok dalam memahami perkalian 1 sampai dengan 10, yang mencakup metode yang guru gunakan dalam mengajar perkalian, kesulitan siswa dalam memahami perkalian 1 sampai dengan 10 dan solusi yang diberikan guru dalam mengajarkan perkalian. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SDN 3 Loyok berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dari 6 subjek penelitian terdapat 2 subjek dengan nilai tinggi, 2 nilai sedang, dan 2 nilai rendah. Metode yang digunakan guru dalam mengajarkan perkalian yakni dengan menugaskan siswa untuk menghafal perkalian secara bersama-sama maupun secara indivud. Faktor kesulitan siswa kelas 2 dalam memahami perkalian yaitu rendahnya motivasi yang diberikan guru, media yang digunakan kurang bervariasi, kurangnya minat siswa dalam perkalian dan menghafal perkalian, serta bimbingan orang tua di rumah yang kurang. Solusi yang diberikan guru dalam mengajarkan perkalian adalah dengan memberikan melakukan pembiasaan menghafal perkalian secara bersama- sama dan secara individu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | kesulitan menghafal perkalian, faktor yang mempengaruhi, solusi guru mengajar perkalian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 01:02 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 01:02 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34042 |
Actions (login required)
View Item |