PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MAS, ITA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MASITA E1E018089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dengan berbantuan media belajar manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD materi keliling dan luas bangun datar persegi serta persegi panjang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, jenis Pre-Ekperimental Design tipe one group pre-test post-test Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 61 Karara Kota Bima yang berjumlah 25 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar kognitif (pretest-posttest) sebanyak 10 butir soal yang telah memenuhi validitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene dan uji hipotesis dependent sample t-test atau paired sample t-test. Dari hasil pengujian hipotesis bahwa nilai thitung sebesar 11,243 dan nilai ttabel sebesar 2,064 sedangkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang dimana < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media manipulatif. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Media Manipulatif, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:02
Last Modified: 29 Dec 2022 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34046

Actions (login required)

View Item View Item