PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SDN 4 KILANG, KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR

DINI, ROSYIDA (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SDN 4 KILANG, KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DINI ROSYIDA E1E018041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kempuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sangat penting di miliki pada abad 21. Salah satu kerangka kerja yang dapat merangsang kempuan berpikir HOTS peserta didik, dengan menerapkan TPACK dalam pembelajaran. Tetapi pada kenyataannya guru jarang menggunakan alat bantu media teknologi, dikarenakan banyak guru yang tidak melek teknologi. Padahal teknologi merupakan komponen penting TPACK. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persiapan, perencanaan dan evaluasi pembelajaran HOTS berbasis TPACK di SDN 4 Kilang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mulalui pengumpulan data, mereduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pada tahap persiapan dilihat dari RPP, guru kelas IV dan VI belum merencanakan pembelajaran HOTS berbasis TPACK dengan baik, guru kelas V sudah merencanakannya dengan baik. Tahap pelaksanaan, kelas IV dan V sudah melaksanakan pembelajaran HOTS berbasis TPACK dengan baik, sedangkan kelas VI belum terlaksana dengan baik. Terakhir, evaluasi pelaksanaan pembelajaran sudah di laksanakan dengan baik dengan memanfaatkan teknologi. Soal-soal evaluasi juga sudah bersifat HOTS walupun ada yang bersifat LOTS. Dapat dismpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran HOTS berbasis TPACK di SDN 4 Kilang belum terlaksana secara maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK), Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:02
Last Modified: 29 Dec 2022 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34047

Actions (login required)

View Item View Item