PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

TIA, LISTIANI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TIA LISTIANI NIM. E1Q018069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang layak, efektif, dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), bahan ajar, media pembelajaran, dan instrumen evaluasi hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model 4D, terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket lembar validasi, angket respon keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen evaluasi hasil belajar. Validitas produk dinilai oleh enam validator yang selanjutnya dianalisis menggunakan skala Likert. Kepraktisan diperoleh dari penyebaran angket respon guru dan peserta didik terkait keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan diperoleh dari nilai pretest dan posttest terhadap instrumen evaluasi hasil belajar yang hasilnya dianalisis menggunakan uji N-Gain dan diinterpretasikan ke dalam tafsiran keefektifan. Hasil validitas perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian validator ahli memiliki nilai rata-rata persentase sebesar 90,5% dan validator praktisi memiliki nilai rata-rata persentase sebesar 97,6% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis reliabilitas perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian validator ahli dengan rata-rata persentase sebesar 93% dan validator praktisi memiliki nilai rata-rata persentase sebesar 98,5% dengan kategori reliabel. Sedangkan untuk hasil kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan angket respon guru menunjukkan nilai 91,07% dan angket respon peserta didik menunjukkan nilai 98,07% dengan kategori sangat praktis. Sementara itu, hasil rata- rata uji N-Gain untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh nilai sebesar 0,66 dengan kategori peningkatan sedang, sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak dengan kriteria valid dan reliabel, serta sangat praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan perangkat pembelajaran, model inkuiri terbimbing, hasil belajar kognitif.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:02
Last Modified: 29 Dec 2022 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34051

Actions (login required)

View Item View Item